10 MAKANAN KHAS MAKASSAR DAN TEMPAT UNTUK MENCOBANYA

Makassar selalu memiliki daya tarik tersendiri. Bukan hanya karena warga dan destinasi wisatanya yang luar biasa, tapi juga produk olahan kuliner yang disajikan. Alhasil, tidak sedikit yang kemudian menjadi makanan khas Makassar dan akhirnya begitu ikonik. Kalau tidak percaya, sembari berwisata, silakan tanya sejumlah warga lokal mengenai makanan khas Makassar.

Jika kamu tertarik untuk mencicipi makanan khas Makassar, yang terkenal memiliki kekayaan rasa yang luar biasa, aroma yang istimewa dan tampilan yang menarik dan menggoda, langsung saja menuju tempat-tempat ini di Makassar untuk mencobanya. Dijamin nambah!

1. Coto Makassar

Ada yang kurang kalau kamu jalan-jalan ke Sulawesi Selatan tanpa mencoba Coto Makassar. Makanan khas Makassar ini memang memberikan kesan mendalam bagi siapa pun yang pernah menikmatinya. Hidangan ini kaya rempah, yang menjadikan rasanya ‘sangat renyah’ dan akan memberikan kesan mendalam kepada siapa pun pennikmatnya.

Image credit: @eatineraryid

Di Makassar, ada beberapa tempat yang direkomendasikan jika kamu tertarik mencoba kuliner ini. Salah satunya, Coto Nusantara dimana kuliner ini disajikan dengan kuah kental dan potongan daging besar, plus ekstra daun bawang dan bawang goreng yang disajikan terpisah. Lokasinya juga masih dekat dengan Pantai Losari, lho!

Lokasi: Jl. Nusantara Baru No.142, Ende, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, mulai dari 06.30 hingga 18.00 WITA
Harga: Mulai dari 15,000 IDR per porsi

2. Konro

Makanan khas Makassar ini tidak pas untuk para vegan ataupun vegetarian. Maklum, bahan dasarnya adalah iga dan daging sapi yang direbus bersama kayu manis, air asam jawa dan beragam bahan lain, termasuk kluwak, yang biasa dijadikan bumbu dasar untuk rawon Jawa Timur. Sajian sup kaya rempah ini sangat nikmat dicicipi saat panas.

Image credit: @komarudinsalamun

Ingin cari tempat terbaik menikmati hidangan Konro ini? Konro Karebosi adalah jawabannya. Saking terkenalnya, tidak sedikit selebriti, poltisi dan public figure lain yang terlihat di sini. Itu juga sekaligus menjadi petunjuk buat kamu, untuk bersiap-siap antri karena ramainya pengunjung.

Lokasi: Jalan Gunung Lompo Battang No.41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, mulai dari 10.00 hingga 22.00 WITA
Harga: Mulai dari 30,000 IDR per porsi

3. Sop Saudara

Sejatinya, makanan khas Makassar ini bukanlah berasal dari Makassar, tapi merupakan kuliner khas Pangkep, Sulawesi Selatan. Namun bagaimana pun juga, yang penting rasanya.

Image credit: @e_ndro

Sop saudara yang populer di Makassar dan bisa kamu coba berada di Jalan Irian. Warung ini buka setiap hari, selama 24 jam dan sudah berdiri sejak 1970an. Sop saudara dengan perpaduan daging sapi berkuah dicampur bihun dan adonan kentang yang sudah digoreng kering, plus paru sapi goreng dengan nasi putih, kamu akan mengetahui alasan mengapa warung ini begitu terkenal di Makassar.

Lokasi: Jalan Dokter Wahidin Sudiro Husodo No.40, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: 15,000 IDR per porsi

4. Pallubasa

Pallubasa merupakan hidangan yang mirip dengan Coto Makassar, terbuat dari jeroan sapi atau kerbau, dengan semua bahan dimasak dalam waktu yang lama. Yang membedakan dengan Coto Makassar adalah menu pendampingnya. Pallubasa dimakan bersama nasi putih, sementara Coto Makassar dengan ketupat.

Image credit: @batarasiahaan

Selain hidangan pendampingnya, bumbunya pun sedikit berebeda. Pun demikian dengan tekstur daging yang dihidangkan. Untuk bisa mendapatkan kesan terbaik, Pallubasa Serigala adalah rumah makan yang tepat untuk mencoba hidangan ini.

Lokasi: Jalan Serigala, Mamajang Dalam, Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, 09.00 hingga 20.00 WITA
Harga: Mulai dari 13,000 IDR hingga 15,000 IDR

5. Pallumara

Lebih tertarik untuk menikmati seafood di Makassar, kamu bisa mencoba Palumara, makanan berbahan dasar ikan. Sup berkuah kuning dari bumbu kunyit ini mirip dengan ikan asam manis. Kepala kakap merah menjadi bahan dasarnya, dengan tongkol atau bandeng menjadi pengganti.

Image credit: @nasibakarbunda_mks

Cara terbaik menikmati Palumara adalah dengan nasi hangat, ditemani dengan minumaan dingin. Spot yang paling tepat untuk mendapatkan kesan paling pas adalah di rumah makan Ulu Juku, yang tidak hanya menyajikan Palumara, tapi juga makanan khas Makassar lainnya.

Lokasi: Jalan Prof.Dr. Abdurrahman Basalamah No.99A, Karampuang, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, 09.00 hingga 22.00 WITA
Harga: Mulai dari 30,000 IDR

6. Barongko

Makassar tidak hanya terkenal dengan makanan beratnya. Kue-kue basah di Makassar juga memiliki cita rasa yang maknyus. Salah satunya, Barongko.

Image credit: @lanscape

Kue berbahan dasar pisang ini manis dan memiliki tekstur lembut. Kue dibuat dalam cetakan khusus dan kemudian dibungkus dengan daun pisang sebelum disajikan. Cara menikmatinya pun bisa sesuai selera, panas mau pun dingin. Di Makassar, tempat terbaik untuk bisa mencicipi kue tradisional ini adalah di MAMA Toko Kue dan Es Krim.

Lokasi: Jalan Serui No.19, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, 08.00 hingga 20.00 WITA
Harga: Mulai dari 3,500 IDR per biji

7. Pisang Epe

Makanan khas Makassar dari bahan pisang kepok ini begitu ikonik. Pisang kepok setengah masak dibakar di atas bara api hingga harum, dibelah dan ditekan hingga pipih, kemudian dibakar kembali. Tambahkan topping campuran gula merah dan air daun pandan juga garam, serta durian, jika ada, maka kamu akan mendapatkan camilan dengan rasa istimewa.

Image credit: @oshin_frame

Momen paling pas menikmatinya saat sore hingga malam, sementara tempat ideal untuk mencoba dessert Makassar ini adalah di sepanjang pantai Losari. Meski banyak penjual yang menjajakan camilan ini, kualitas rasanya hampir sama, dan enak semua. Slurp!

Lokasi: Jalan Penghibur, Losari, Maloku, Ujung Pandang, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, 16.00 hingga 24.00 WITA
Harga: Mulai dari 10,000 IDR hingga 12,000 IDR per porsi

8. Es Palu Butung

Kalau ingin menikmati es campur ala Makassar, silakan mencoba Es Palu Butung. Tidak hanya menawarkan rasa yang manis, tapi juga menyajikan sensasi menyegarkan. Kuliner ini paling cocok untuk dinikmati saat udara panas dan kamu dijamin akan minta tambah.

Image credit: @so.felicious

Es Palu Butung terdiri dari potongan pisang manis, bubur sumsum ditambah susu kental manis, sirup merah dan es serut, disajikan dalam mangkuk. RM Bravo menjadi salah satu lokasi favorit di Makassar untuk menikmati Es Palu Butung ini.

Lokasi: Jalan Sultan Alauddin Nomor 27, Mangasa, Tamalate, Mangasa, Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiaap hari, mulai 09.00 hingga 21.00 WITA
Harga: Mulai dari 10,000 IDR hingga 15,000 IDR per porsi

9. Gogoso

Camilan ini ‘keluar’ di waktu-waktu lebaran saja. Biasanya dihidangkan bersama telur asin, gogoso merupakan camilan yang terbuat dari beras ketan yang dibakar dalam daun pisang.

Image credit: @0yo_pagadjang

Makanan khas Makassar ini banyak disukai warga keturunan Bugis-Makassar. Meski biasanya keluar di waktu yang khusus, kamu masih bisa mendapatkannya di MAMA Toko Kue dan Es Krim. Rasanya gurih dan sedap, lho!

Lokasi: Jalan Serui No.19, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, 08.00 hingga 20.00 WITA
Harga: Mulai dari 10,000 IDR untuk dua gogoso dan satu telur asin

10. Kapurung

Apa jadinya ikan atau daging ayam dicampur bersama bermacam sayuran dan sari atau tepung sagu? Kamu bisa mencicipinya langsung makanan khas Makassar bernama Kapurung. Kuliner ini merupakan sajian tradisional khas Sulawesi Selatan, terutama di daerah Luwu, Kota Palopo.

Image credit: @hestihhakim

Meski merupakan makanan tradisional, rasanya yang manis dan asam memberikan kesegaran bagi penikmatnya dan berhasil membuat Kapurung merambah ke daerah metropolitan, termasuk Makassar. Lokasi terbaik untuk merasakan kuliner lezat ini adalah di Rumah Makan Kapurung Aroma Palopo. Joss!

Lokasi: BTP Bumi Tamalanrea Permai, Jalan Tamalanrea Raya Blok C No.12A, Tamalanrea, Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari, mulai dari 10.00 hingga 22.00 WITA
Harga: Mulai dari 15,000 IDR per porsi

sumber: https://www.tripzilla.id/makanan-khas-makassar-dan-tempat-untuk-mencobanya/7243

sumber: Tripzillahttps://www.tripzilla.id/makanan-khas-makassar-dan-tempat-untuk-mencobanya/7243

10 MAKANAN KHAS MANDALIKA YANG BISA DICOBA SAAT LIBURAN KE LOMBOK

Punya rencana liburan ke Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat? Jika iya, jangan sampai melewatkan kesempatan menikmati makanan khas Mandalika, yang pastinya memberikan sensasi baru dan pengalaman rasa yang berbeda dibanding masakan dari daerah lainnya di Indonesia.

Tidak hanya menawarkan sensasi pedas, kamu juga bisa mendapatkan sejumlah makanan dengan rasa manis, asin bahkan menyegarkan. Yang mengesankan, ada banyak lokasi untuk bisa mendapatkan makanan khas Mandalika di kota asalnya tersebut.

Jika kamu penasaran dengan makanan khas Mandalika yang layak untuk dicoba, sekaligus memberikan sensasi rasa menarik untuk dinikmati, daftar di bawah ini bisa menjadi bocoran yang menarik untuk wisata kuliner di Lombok. Yuk, tengok daftarnya!

1. Ayam Taliwang

makanan khas Mandalika
Image credit: @aryopratyaksa (kiri), Ayam Bakar Taliwang Papin (kanan)

Wajib rasanya menikmati makanan khas Mandalika yang ini saat liburan ke Lombok. Ayam Taliwang menawarkan sensasi pedas membakar lidah, namun tetap enak untuk dinikmati. Apalagi jika menyantapnya dengan nasi putih hangat. Yummy!

2. Sate Bulayak

makanan khas Lombok
Image credit: @le_kekeri (kiri), Edo Sasmita (kanan)

Sate Bulayak menjadi salah satu kuliner khas Mandalika yang menampilkan cita rasa gutih. Potongan daging sapi dipotong dadu, yang dibalur dengan bumbu rempah sebelum kemudian dibakar dan disajikan dengan saus kacang tanah sangrai yang dimasak bersama dengan santan, kamu akan mendapatkan sensasi makan sate sapi dengan bumbu kari. Untuk menambah keunikan, kamu bakal menikmati sate bulayak dengan potongan lontong, yang dibungkus daun aren. Wow!

3. Makanan khas Mandalika – Ayam Rarang

Image credit: @jajelombok

Yang doyan masakan pedas, ayam rarang bisa jadi pilihan. Dimasak dengan bumbu plecing, sebutan masyarakat lokal untuk olahan bumbu dari sambal goreng cabai rawit, kamu akan mendapatkan pengalaman rasa membakar lidah. Bahkan, sebelum menyantapnya, kamu bisa tahu ayam kampung yang dimasak ini bakal pedas karena bumbu berwarna merah menyala yang melapisi olahan ayam ini. Bersiap untuk kepedesan, ya!

4. Ares

Image credit: Bebalung Lombok

Pernah menyantap pelepah pisang? Jika belum, kamu bisa mencobanya saat di Mandalika. Pelepah pisang diolah sedemikian rupa dengan bumbu santan merah dan tambahan rulang atau daging ayam, yang menjadikan ares menjadi sup berbumbu khas Mandalika, yang pas dinikmati saat cuaca dingin karena bisa memberikan sensasi hangat pada tubuh.

5. Beberuk Terong

Image credit: @yenigingerlitlez1

Masih terkait dengan masakan pedas, beberuk terong juga layak mendapatkan porsi khusus sebagai makanan khas Mandalika. Beberuk terong lebih pas disebut sebagai sambal sayuran karena bahan yang digunakan adalah potongan sayuran segar, seperti terong, tomat dan kacang panjang, plus cabai merah pedas sebagai bahan utamanya. Menyantap sambal langsung tanpa pendamping makanan utama bisa dikatakan tidak lumrah, dan makanan yang paling pas dijadikan pendamping adalah seafood atau ayam taliwang. Dijamin sedap!

6. Nasi Balap Puyung

makanan khas Mandalika
Image credit: Jimmy Shi

Nasi balap Puyung identik sebagai masakan khas Lombok, tapi Mandalika juga layak mendapat kredit tersendiri karena popularitas kuliner ini. Seperti nasi rames di Pulau Jawa, kamu akan mendapati ayam goreng, abon pedas, sambal, kacang kedelai goreng serta parutan kelapa dan sayuran tumis sebagai toping utama kuliner ini. Asyiknya lagi, kamu bisa dengan mudah menemukan makanan khas tersebut di daerah strategis di Mandalika. Jangan sampai melewatkan masakan ini untuk sarapan, ya!

7. Makanan khas Mandalika – Sate Rembiga

Image credit: @hendirahmansyah_

Salah satu kuliner khas Mandalika yang menawarkan sensasi rasa manis, pedas dan gurih adalah sate rembiga. Terbuat dari daging sapi yang direndam bumbu dan saus pedas sebelum dibakar, makanan ini sangat pas dinikmati untuk makan siang atau malam. Bersiap untuk berkeringat atau menangis karena level pedasnya, ya!

8. Makanan khas Mandalika  – Babalung

Babalung kurang lebih mirip dengan sop iga sapi di pulau Jawa. Yang membedakan adalah kuahnya yang memiliki kekayaan rasa karena perpaduan rempah-rempah lokal. Kamu juga bisa berburu kuliner babalung otentik, yang menawarkan daging kuda atau kerbau sebagai bahan dasarnya.

9. Poteng Jaje Tujak

Image credit: @hananyusron

Ingin camilan khas Mandalika, poteng jaje tujak adalah jawabannya. Seperti tape uli dari Jawa Barat, poteng jaje tujak merupakan olahan tape ketan, yang paling enak dinikmati dengan kue ketan. Untuk mendampingi makanan ini, kamu juga harus menikmati iwel, camilan yang juga terbuat dari ketan dengan isian gula di dalamnya. Dijamin nggak akan nolak kelezatannya, deh!

10. Makanan khas Mandalika – Soto Mandalika

Tidak hanya di Jawa, Mandalika juga memiliki sajian soto khas Indonesia. Bahan utamanya adalah ketupat, taoge, bihun, daun bawang, kacang, telur, bawang goreng dan pastinya, kuah soto berwarna cokelat kehijauan, yang menghadirkan rasa asin, manis, pedas, asam dan gurih. Soto Mandalika dijamin menghadirkan rasa yang berbeda dibanding soto lainnya yang ada di Indonesia. Tidak percaya? Silahkan langsung coba!

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Mandalika Yang Bisa Dibawa Pulang Jadi Souvenir Unik

Nah, semakin penasaran dengan kuliner dan makanan khas Mandalika, bukan? Jangan sampai tidak mencoba semua kuliner tersebut saat liburan ke Lombok, ya!

Sumber: https://www.tripzilla.id/makanan-khas-mandalika/35777

Sumber: Tripzilla